title

About

About

slider

Recent

Powered by Blogger.

About us

Followers

Followers

Total Pageviews

Navigation

ENERGI PANAS


ENERGI PANAS




1.Sumber-Sumber Energi Panas

Panas merupakan salah stu sumber energy. Energi yang dihasilkan benda-benda panas disebut energy panas.Energi Panas dapat diperoleh dari sumber-sumber panas. Sumber-sumber panas contohnya adalah sebagai berikut:

a. Matahari

Cobalah kamu keluar dipagi hari, sinar matahari menerangi bumi dan menghangatkannya. Apalagi pada saat siang hari, cahaya matahari terasa sangat panas dikulit kita. Matahari merupakan sumber energy panas terbesar bagi bumi. Tanpa matahari, bumi akan gelap gulita dan sangat dingin sehingga tidak mungkin ada kehidupan dibumi. Energi panas dari matahari sering kita manfaatkan. Contohnya untuk menjemur pakaian yang basah sehingga cepat kering.

b. Api

Api adalah cahaya dan panas yang dihasilkan dari suatu benda yang terbakar. Api merupakan salah satu sumber panas. Energi panas yang dihasilkan oleh api dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memasak, menjalankan mesin, sebagai pembangkit tenaga listrik, dan lain sebagainya. Api jika sedikit dan dapat dikendalikan bisa menjadi teman manusia karena kegunaannya sangat banyak. Akan tetapi, jika api terlalu banyak dan tidak bisa dikendalikan maka api bisa menjadi musuh karena dapat menghanguskan semua barang dan rumah tempat tinggal kita hingga tidak tersisa. Api dapat dipadamkan dengan bantuan air atau alat pemadam kebakaran. Oleh karena itu, sewaktu menggunakan api kita harus berhati-hati. Api dapat dihasilkan jika ada bahan bakar, panas, dan oksigen. Api juga dapat dihasilkan dari gesekan satu benda dengan benda lainnya.Korek api merupakan salah satu benda penghasil api.

2. Gesekan Sebuah Benda

Pernahkah kamu mengosok-gosokkan kedua tanganmu ketika kamu merasa kedinginan? Apa yang terjadi? Tanganmu akan terasa hangat karena terjadinya gesekan tersebut. Cobalah kamu gesekkan mistar kekain atau tanganmu, setelah beberapa saat letakkan mistar tersebut kepipimu. Apa yang kamu rasakan?

Gesekan sebuah benda juga merupakan salah satu sumber energy panas. Bnyaknya gesekan yang dihasilkan tergantung dari kasar atau lembutnya suatu permukaan benda. Jika tangan kita licin oleh air sabun maka gesekan kedua tangan kita tidak akan menghasilkan panas. Jika kita menggesekkan dua buah kayu kering secara terus-menerus, kita dapat menghasilkan energy panas dan dengan bantuan oksigen kita bisa menghasilkan api. Orang zaman dahulu memakai cara ini untuk menghasilkan api.



3. Sifat Energi Panas

Energi panas memiliki sifat-sifat tertentu, yaitu dapat berpindah tempat. Panas dapat berpindah ketempat yang lebih dingin. Perpindahan panas ini kita lihat pada saat kita memasukkan air panas kedalam ember yang berisi air dingin, air yang asalnya dingin akan ikut terasa hangat. Hal ini memperlihatkan adanya perpindahan panas. Selain itu, panas dapat mempengaruhi perubahan wujud benda. Pemanasan dapat menyebabkan suatu benda berubah wujudnya. Contohnya adalah kayu yang dibakar akan berubah menjadi arang. Lilin yang dibakar bentuknyapun akan dapat berubah.
Share
Banner

shaniawardana07@gmail.com

Post A Comment:

0 comments: