ANGKA/NUMBERS DALAM BAHASA INGGRIS
Sama seperti bahasa Indonesia, kita juga harus mengenal jenis bilangan di dalam bahasa Inggris. Jika di dalam bahasa Indonesia kita mengenal bilangan utama dan bilangan tingkat, maka dalam belajar bahasa Inggris, kita mengenal cardinal numbers dan ordinal numbers.
Sebagian dari Anda pasti mengingat perbedaan kedua bilangan angka ini dari pelajaran bahasa Inggris di sekolah ataupun di tempat kursus, tapi sebagian dari Anda juga pasti ada yang telah melupakan materi ini bukan?
Jika Anda ada di dalam kelompok orang-orang yang lupa tentang perbedaan kedua jenis bilangan ini, tandanya Anda berada di halaman yang tepat. Dalam bahasa Inggris, bilangan terbagi menjadi dua. Cardinal Numbers dan Ordinal Numbers. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai perbedaan keduanya, mari kita lihat pemaparannya berikut ini:
CARDINAL NUMBERS (BILANGAN BIASA)
CARDINAL NUMBERS (BILANGAN BIASA)
Cardinal numbers adalah angka yang mengatakan berapa banyak dari sesuatu yang ada. Cardinal numbers biasanya digunakan untuk menjelaskan jumlah atau quantity dari sebuah objek.
Bentuk dari cardinal numbers atau bilangan biasa beserta cara membacanya adalah sebagai berikut:
1 : one – 11 : eleven – 21 : Twenty-one
2 : two – 12 : twelve – 22 : Twenty-two
3 : three – 13 : thirteen – 23 : Twenty-three
4 : four – 14 : fourteen – 24 : Twenty-four
5 : five – 15 : fifteen – 25 : Twenty-five
8 : eight – 18 : eighteen – 100 : one hundred
9 : nine – 19 : nineteen – 1.000 : one thousand
10 : ten – 20 : twenty – 1.000.000 : one million
Contoh kalimat:
My mom bought me 2 (two) new clothes. – Ibuku membelikanku 2 (dua) baju baru.
I’ve been travelling to more than 5 (five) countries in a year. – Saya telah pergi ke lebih dari 5 negara dalam satu tahun.
We organized 10 (ten) events in this whole year. – Kami mengatur 10 acara sepanjang tahun ini.
Jika kita melihat dari contoh diatas, dapat dilihat bahwa bilangan yang digunakan berfungsi untuk menjelaskan jumlah dari objek yang ada di dalam kalimat tersebut, two clothes, five countries, dan ten events. Jika Anda menemukan kalimat seperti ini, maka kalimat tersebut menggunakan cardinal number.
ORDINAL NUMBERS (BILANGAN BERTINGKAT)
ORDINAL NUMBERS (BILANGAN BERTINGKAT)
Selain cardinal number, di dalam bahasa Inggris juga terdapat ordinal number. Ordinal number adalah angka yang mengindikasikan posisi sesuatu dalam sebuah daftar. Ordinal number juga biasanya digunakan untuk menjelaskan mengenai sebuah urutan atau tahapan.
Bentuk dari ordinal number dan cara membacanya dapat dilihat sebagai berikut:
1st : first – 11th : eleventh – 21st : twenty-first
2nd : second – 12th : twelfth – 22nd : twenty-second
3rd : third – 13th : thirteenth – 23rd : twenty-third
5th : fifth – 15th : fifteenth – 25th : twenty-fifth
6th : sixth – 16th : sixteenth – 26th : twenty-sixth
8th : eighth – 18th : eighteenth – 100th : one hundredth
9th : ninth – 19th : nineteenth – 1,000th : one thousandth
10th : tenth – 20th : twentieth – 1,000,000th : one millionth
Dalam bentuk kalimat, ordinal number biasanya digunakan dalam bentuk seperti contoh di bawah ini:
My mother birthday is on the ninth of July. – Ulang tahun ibuku ada di 9 Juli.
I’m going through C-Section to give birth to my third child. – Saya melalui C-Section untuk melahirkan anak ketiga saya.
It’s almost 2AM in the morning when the first earthquake occurred. – Sudah hampir jam 2 pagi saat gempa pertama terjadi.
Bisa dilihat dari contoh diatas, bilangan yang digunakan adalah untuk menunjukkan posisi atau sebuah tingkatan. Seperti ninth of July yang menunjukkan hari ke sembilan di bulan Juli, third child yang menunjukkan arti anak ke-3, dan first earthquake yang menunjukkan gempa pertama.
Dalam bahasa Inggris, ada beberapa catatan khusus dalam mengucapkan angka tertentu, seperti:
- Pengucapan angka 14 yaitu fourteen bukan forteen
- Pengucapan angka 15 yaitu fifteen bukan fiveteen
- Pengucapan angka 40 yaitu forty bukan fourty
- Pengucapan angka 15 yaitu fifteen bukan fiveteen
- Pengucapan angka 55 adalah fifty five
- Pengucapan angka 105 adalah a hundred five
- Pengucapan angka 421st adalah four hundred and twenty-first
- Pengucapan angka 5,111th adalah five thousand, one hundred and eleventh
- Pengucapan angka 110 adalah one hundred and ten (namun bisa juga tidak memakai “and“)
- pengucapan angka 110 adalah one hundred ten
- Pengucapan angka 1,250 adalah one thousand two hundred fifty
- Pengucapan angka 1,254 adalah one thousand two hundred fifty-four
- Pengucapan angka 2,001 adalah two thousand one
- Pengucapan angka 100 adalah one hundred
- Pengucapan angka 2,100 adalah two thousand one hundred
- Pengucapan angka 1,000 adalah one thousand
- Pengucapan angka 201,000 adalah two hundred one thousand
- Pengucapan angka 1,000,000,000 adalah one billion
- Pengucapan angka 1,000,000,000,000 adalah one trillion
- Pengucapan angka Rp.100,- adalah one hundred rupiah
- Pengucapan angka $100 adalah one hundred dollar
- Pengucapan angka €100 adalah one hundred euro
- Pengucapan angka €200 adalah two hundred euros (karena angka dua adalah jamak, kalau angka satu tidak perlu pakai kata “s“).
About
Labels
slider
Recent
Powered by Blogger.
About us
Followers
Followers
Total Pageviews
Blog Archive
-
▼
2018
(60)
-
▼
December
(34)
- LINGKUNGAN BUATAN
- BILANGAN CACAH DAN BILANGAN ASLI
- PUISI UNTUK IBU
- PANTUN
- PANCASILA
- PUASA
- TATA CARA SHOLAT JENAZAH
- SUHU DAN KALOR
- BAHASA INGGRIS HOLIDAY KELAS 6 SD
- ANGKA DALAM BAHASA INGGRIS
- 'Hobby' (Kegemaran) beserta Contoh Kalimat
- MATERI MY FAMILY KELAS 2 SD
- KISAH SAHABAT NABI
- ENERGI PANAS
- RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN
- OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DAN SIFATNYA
- TIGA BERSAUDARA DAN WARISAN
- SERIGALA DAN KUDA (YUNANI)
- SERIGALA YANG BAIK HATI
- KATA ULANG
- BILANGAN PECAHAN
- PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
- PENGERTIAN PLSBT
- ALAT MUSIK RITMIS
- KEBUDAYAAN
- PARAGRAF
- GLOBALISASI
- GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA
- KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA D...
- JENIS JENIS AKAR
- GERHANA BULAN
- GERHANA MATAHARI
- RANGKAIAN SERI DAN PARALEL
- ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
-
▼
December
(34)
Click here to load more...
Post A Comment:
0 comments: